Wednesday 24 February 2016

5 FENOMA LANGIT YANG AKAN TERJADI DI TAHUN 2016, RUGI GAK BACA

BERITA HANGAT - 5 Fenomena Langit yang akan Terjadi di Tahun 2016


5 Fenomena Langit yang akan Terjadi di Tahun 2016,RUGI GAK BACA!!

SAKURATOTO - Tahun 2016 adalah tahun yang penuh dengan fenomena langit yang sangat langka, sangat rugi sekali jika anda tidak menyaksikan fenomena langit yang hanya muncul 1 kali dalam kurun waktu puluhan tahun ini.
ada 10 fenomena langit yang akan kita jumpai ditahun 2016, dan telah kami muat di 10 halaman dibawah ini
1. Gerhana Matahari Total (Rabu, 9 Maret 2016)

BERITA HANGAT - 5 Fenomena Langit yang akan Terjadi di Tahun 2016

 Pasti banyak yang setuju bahwa inilah fenomena langit paling menarik perhatian di tahun 2016. Fenomena ini bahkan sudah menarik perhatian pecinta astronomi jauh-jauh hari sejak awal tahun 2014. Ya, fenomena ini adalah gerhana matahari total. Indonesia terakhir dilintasi gerhana matahari total pada tahun 1995 atau sudah 20 tahun yang lalu. Kini penantian panjang itu akan segera berakhir karena gerhana matahari total akan kembali melintasi wilayah Indonesia.



Namun harus dicatat, gerhana matahari total 9 Maret 2016 tidak akan terlihat di seluruh Indonesia. Daerah yang beruntung dapat menyaksikan gerhana matahari total adalah:
– Bengkulu
– Sumatera Selatan
– Bangka Belitung
– Kalimantan barat
– Kalimantan Tengah
– Kalimantan Selatan
– Kalimantan Timur
– Sulawesi Barat
– Sulawesi Tengah
– Maluku Utara

Untuk daerah Jawa, Madura, Nusa hingga Papua hanya bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian. Jika anda berposisi di daerah yang tidak bisa menyaksikan gerhana matahari total ini solusinya adalah anda bisa pergi ke daerah yang dapat menyaksikan gerhana matahari total diatas, jadi persiapkanlah buget yang lumayan karena pasti banyak orang yang berbondong-bondong pergi kesana.

2. Vernal Equinox (Sabtu, 21 Maret 2016)

BERITA HANGAT - 5 Fenomena Langit yang akan Terjadi di Tahun 2016

 Vernal equinox yakni saat dimana Matahari ada di perpotongan ekliptik dan ekuator setelah sebelumnya ada di selatan ekuator. Pada hari ini Matahari cocok ada di khatulistiwa sampai panjang siang dan malam di seluruhnya belahan bumi cocok 12 jam. Ini bisa mengisyaratkan akan bertukarnya musim hujan dengan musim kemarau di Indonesia. Tengah di belahan bumi utara mengisyaratkan akan datangnya musim semi dan di belahan bumi selatan mengisyaratkan akan datangnya musim gugur.


3. Gerhana Bulan Total (Sabtu, 4 April 2016)

Gerhana bulan total yang berlangsung pada hari ini adalah satu dari dua gerhana bulan total yang berlangsung tahun ini. Sayangnya, pada gerhana bulan total kedua yang akan berlangsung pada tanggal 28 September 2016 tidak ada satupun tempat Indonesia yang dapat lihat. Gerhana bulan hari ini akan berjalan pada pukul 17 : 15 s/d 20 : 45 WIB untuk fase gerhana sebagian. Sedang untuk fase gerhana total akan jalan pada 18 : 54 s/d 19 : 06 WIB.

4. Puncak Hujan Meteor Eta Aquarids (Jumat, 8 Mei 2016)


BERITA HANGAT - 5 Fenomena Langit yang akan Terjadi di Tahun 2016

Hujan meteor puncak pada hari ini diperkirakan akan terlihat hingga 30 meteor tiap-tiap jam. Meteor-meteor Eta Aquarids akan terlihat melesat dari arah rasi Aquarius yang ada di arah timur setelah tengah malam hingga matahari terbit.

5. Puncak Hujan Meteor Geminids (Senin, 14 Desember 2016)

BERITA HANGAT - 5 Fenomena Langit yang akan Terjadi di Tahun 2016

Geminids yaitu hujan meteor terakhir pada tahun 2016 yang jalan pada tanggal 7 s/d 17 Desember 2016. Pada puncaknya hari ini diperkirakan akan terlihat hingga 90 meteor tiap-tiap jam. Meteor-meteor Geminids akan terlihat melesat dari arah rasi Gemini yang ada di barat waktu awal hari hingga mendekati matahari terbit.

No comments:

Post a Comment